Senin, Desember 11, 2017

Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop + Video".

Tutorial Photoshop | trik membuat tulisan melingkar pada stempel ini saya dapatkan ketika saya disuruh membuat desain stempel dengan tulisan melingkar di pinggirnya. Biasa, stempel pada umumnya yang ada tulisan meilngkar, karena memang stempel yang akan dibuat itu berbentuk lingkaran. Jadi tulisan stempel pun harus mengikuti bentuk stempel itu yakni melingkar.

Supaya saya tidak lupa, jika dikemudian hari disuruh membuat stempel berbentuk lingkaran lagi. Saya menuliskan tutorial membuatstempel berbentuk lingkaran dengan photoshop di blog Tutorial89 ini. Hitung-hitung sebagai backup ilmu saya sekaligus share untuk pengunjung blog Tutorial89, siapa tahu ada yang mau membuat stempel berbentuk lingkaran dengan adobe photoshop seperti saya.

Sebelum sobat membaca lebih lanjut tentang tutorial membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop ini, ada baiknya sobat lihat dulu demonya, supaya tidak salah faham. J
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop

Cara membuat stempel halal dengan photoshop

Pada contoh tutorial kali ini saya akan membuat stempel halal yang berbentuk lingkaran, dengan tulisan حلال  di tengah stempel. Kenapa di contoh ini saya membuat setmpel halal?... yak arena biar aga kerenan dikit … J J J hehehe… langsung aja ya.

1. Buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat document baru di photoshop. Untuk mempermudah silahkan lihat gambar berikut ini.
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop

2. Buatlah lingkarang dengan menggunakan ellipse tool (U). kemudian kasih effect stroke sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop
 Jika sobat kesulitan memberi effect stroke, sobat bisa melihat caranya di cara mewarnai garis pinggris di photoshop

3. Klik layer shape 1 keludian klik Ctrl+J untuk menduplikat layer.
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop

4. Aktifkan move tool, lalu klik layer shape 1 copy kemudian klik kotak kecil dan rubah ukuran W dan H menjadi 80%
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop

5. Kemudian buatlah tulisan melingkar dengan horizontal type tool, sebagai contoh saya menulis “bakso sapi special pak supri | nikmat di mulut bersahabat di kantong” sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini. 
Cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop
Jika sobat kesulitan membuat tulisan melingkar, silahkan sobat bisa melihat tutorial saya yang terdahulu di, cara membuat tulisan melingkar di photoshop

6. Sekarang silahkan sobat tambahak tulisan حلال tepat ditengah-tengan stempel, tambahkan juga tulisan 100% HALAL sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
stempel halal
Jika sobat belum tahu cara menulis tulisan arab di photoshop, silahkan baca tutorial cara mudah memasukan tulisan arab di photoshop

7. Sampai di sini sobat sudah sukses membuat stempel halal dengan photoshop. Sekarang saatnya menyimpannya dalam format *PNG dengan cara klik Ctrl+Shift+Alt+S kemudian pilih format *PNG

Selamatnya… tugas sobat selanjutnya tinggal pergi ke tukang buat stempel yang banyak bertebaran dipinggiran jalan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada tutorial photoshop berikutnya.

Tutorial video membuat stempel berbentuk lingkaran dengan photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih